Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

https://betwin188.online/

Dikutip betwin188 Jalur Pendakian Lawu via Cemoro Sewu adalah jalur pendakian favorit bagi para pendaki. Pasalnya pemandangan yang menjalar di setiap perjalanan ada pada jalur Cemoro Sewu benar-benar luar biasa. Spot-spot yang ada juga banyak seperti hutan, rerumputan membentang, batu besar, sendang (kolam), bukit, tanjakkan “cinta”, bahkan warung makan di tengah perjalanan dan di puncaknya juga ada. Gimana?

Cemoro Sewu terletak di antara kabupaten Karanganyar dan Magetan tepatnya di jalan dari Tawangmangu menuju Sarangan. Untuk lebih mudahnya yang perlu kita tuju adalah Tawangmangu, Jawa Tengah. Jika dari arah barat maka tujulah Solo, kemudian Tawangmangu. Jika dari arah Timur maka tujulah arah Magetan, lalu Tawangmangu. Karena tempat yang populer maka sekiranya akan mudah untuk menuju ke sana. Tips: persiapkan betul iternetary perjalanan menuju Cemoro Sewu-nya.

BASECAMP JALUR CEMORO SEWU Basecamp di Cemoro Sewu terkenal kecil namun halamannya luas. Di basecamp sudah masuk dalam wilayah yang dingin jadi persiapkan pakaian sejak dari awal. Di sekitaran basecamp dan banyak penduduk dan banyak lagi fasilitas umum seperti masjid, WC, warung makan dan lainnya. Tiket dingin Rp 10.000 / orang (update 2015). Untuk parkir kendaraan bermotor Rp 3.000, mobil RP 10.000. Persiapan terakhir adalah pemeriksaan kesehatan dan kesehatan. Satu lagi jangan lupa sebelum memulai pendakian.

MEMULAI PENDAKIAN
Basecamp – Pos I Wes-Wesan (1-1,5jam)
Pada jalur ini kita akan memasukkan pepohonan rimbun. Di lokasi tersebut juga ada tempat untuk berkemah. Kemudian melewati perkebunan warga. Lalu kita akan bertemu Sendang Panguripan, Pos I. Di Pos I ini muncul sebuah warung makanan.

Pos I – Pos II Watu Gedeg (1,5-2jam)
Pada jalur ini kita akan bertemu dengan batu besar yang bernama “Watu Jago”. Mulai dari Watu Jago trek yang kita hadapi mulai bebatuan. Namun bebatuan tersebut adalah bebatuan yang sudah ditata khusus untuk didaki. Hal tersebut adalah persembahan oleh masyarakat lokal.

Pos II – Pos III Watu Gede (2jam)
Pada saat ini perjalanan sudah mulai berat. Bebatuan yang tajam dan tepi-jurang juga banyak.

Pos III – Pos IV Watu Kapur (1,5-2jam)
Pada Pos IV banyak tumbuh pohon. Kalau kita naik pada hari yang sama untuk membangun tenda di sini. Namun hanya muat untuk 2 tenda saja. Jadi untung-untungan saja deh.

Pos IV – Pos V Jolotundo (30 menit)
Pada jalur Pos 4 adalah jalur favorit. Karena trek yang cukup dan hanya bergelombang dan treknya berbatuan rapih. Tambahan lagi kanan-kiri pemandangan luar biasa. Setelah itu kita akan bertemu dengan sumber udara “Sumur Jalotundo”.

Pos V – Sendang Drajat (15menit)
Setelah itu kita sampai di Sendang Drajat. Nah di sinilah check point pertama bagi para pendaki. Banyak pendaki bermalam di sini. Tidak ada yang tidak membawa tenda namun bermalam di rumah yang didirikan warga. Di sini pula ada udara bernama “Sendang Drajat”. Di tempat itu pula konon sebagai tempat ritual raja. Dibangun pula tempat pemujaan di sisi Sendang Drajat tersebut.

Sendang Drajat – Puncak Hargo Dalem (30 menit)
Dari Sendang Drajat kita hanya perlu berjalan-jalan menyusuri bukit dan sampailah di bawah Dalem 3170 mdpl. Pada jalur menuju Hargo Dalem kita akan bertemu dengan tenjakkan yang mirip dengan “Tanjakkan Cinta” -nya Semeru.

Nah, di Hargo Dalem sendiri kita akan menyalakan banyak pemukiman penduduk. Para penduduk di gunung Lawu terkenal sebagai penduduk yang memiliki fisik kuat. Pasalnya mereka bisa naik-turun gunung beberapa kali untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di Hargo Dalem kita akan bertemu dengan Warung Mbok Yem yang terkenal itu. Itu dia warung tertinggi di pulau Jawa. Bayangkan saja ada warung makan di puncak Gunung.

Hargo Dalem – Hargo Dumilah (30 menit – 1jam)
Untuk menuju Hargo Dumilah (puncak tertinggi) kita akan berjalan menanjak. Treknya berupa bukit saja menanjak tinggi.

Dari puncak Hargo Dumilah kita bisa melihat ke bawah ada Telaga Kuning. Kita juga bisa melihat gunung-gunung lain seperti Merapi-Merbabu, Arjuno-Welirang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *