10 Kebiasaan yang Salah Seputar Kesehatan

10 Kebiasaan yang Salah Seputar Kesehatan

Kebersihan nggak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Kebersihan sering dikhususkan karena erat kaitannya dengan kesehatan. Nah, pasti sebagai insan yang sehat, anda sering menjaga kesucian dengan sekian banyak cara. Mulai dengan mandi, membasuh tangan, sampai memotong kuku.

Tapi, mengapa meskipun udah menjaga kesucian sebaik mungkin, anda masih aja dapat terserang penyakit? Semua tidak jarang kali ada jawabannya. Ternyata disadari maupun nggak disadari, terkadang anda melakukan kekeliruan dalam kegiatan sehari-hari. Berikut ialah kesalahan-kesalahan seputar kesucian yang tidak jarang kita lakukan menurut agenbolaonlineterpercaya .

10 Kebiasaan yang Salah Seputar Kesehatan
10 Kebiasaan yang Salah Seputar Kesehatan

1. Makanan yang udah jatuh sepersekian detik juga udah tentu dikerubutin kuman. Hukum “nggak apa-apa deh, belum 5 menit” tersebut nggak terdapat dasarnya.
kan belum 5 menit

Ini nih, mantra banyak sekali orang Indonesia yang sangat sering dibacakan saat terdapat makanan jatuh. ‘Kan sayang bila ada makanan enak jatuh. Udah beli mahal-mahal, jatuh, sayang banget kalau dilemparkan gitu aja. Biasanya mantra “belum 5 menit” dijadikan pembenaran biar dapat memungut makanan yang telah jatuh. Padahal, anda harus tahu bahwa sedetikpun makanan menyentuh lantai, kerumunan bakteri dan kuman telah mengerubutin makanan itu. Namanya pun sudah menempel, pastinya kuman dan bakteri yang sebanyak tersebut ikut terbawa dalam makanan.

2. Mandi dua kali sehari sudah sangat ampuh buat memberantas kuman. Lebih dari tersebut malah buat kulitmu iritasi.
hobinya mandi

Mandi selain mencuci tubuh dari kuman, ternyata pun mengusung sel kulit mati. Nah, bila keseringan mandi, kulit anda yang belum saatnya mati darurat terkelupas. Makanya kadang ada permasalahan kulit iritasi karena mandi. Di samping itu, bila kulit anda tergerus terlampau tipis, bakteri dan kuman dapat bersarang lebih dalam di tubuhmu.

Keramas terlalu tidak jarang ternyata pun nggak baik bikin kulit kepala. Ada minyak alami di rambut dan kulit kepala yang mesti tetap ada. Kalau keseringan keramas, kulit kepala dapat kekurangan minyak alami tersebut. Akibatnya kulit kepala dan rambut dapat terancam rusak.

3. Keseringan cuci muka bukannya buat wajah segar, namun justru buat kulit wajahmu kering.
cuci muka tidak boleh keseringan

Mencuci muka bukanlah urusan yang buruk. Tapi, keseringan cuci muka pun nggak baik, lagipula mencuci muka dengan sabun. Kebanyakan orang membasuh muka karena hendak menghilangkan minyak di wajah. Kalau terlalu tidak jarang kulit bakal menjadi kering dan terdapat resiko munculnya jerawat.

4. Sabun ternyata bukan pembunuh kuman atau bakteri. Sabun melulu mengusir mereka agar jauh-jauh dari tubuhmu.
sabun melulu mengusir kuman dan bakteri, mengenyahkan aja

Selama ini sabun diandalkan sebagai pembasmi atau pembunuh kuman. Ternyata pengetahuan kita mengenai sabun salah besar. Sabun ternyata tidak bermanfaat membunuh kuman dan bakteri. Sabun melulu membantu melicinkan kulit dan menolong mengusung kuman dan bakteri bengal yang melekat di tubuh kita.

5. Kalaupun kepepet, tidak boleh pinjam pemotong kuku milik rekan yang baru saja dipakai. Kebersihannya tidak cukup terjamin, lho!
pinjam gunting kuku yang barusan digunakan

Nggak seluruh orang ingat dan niat bawa gunting kuku ke mana-mana. Nah, penyakitnya ialah ketika menyaksikan teman mencukur kukunya, lalu anda inget bila kuku kita pun udah panjang. Jadinya, kegoda deh bikin pinjem pemotong kuku teman.

Nah, yang buat bahaya merupakan, kuku kan kotor. Saat kuku dipotong, bakteri dan kuman akan beralih dari kuku ke pemotong kuku. Bakteri dan kuman perlu waktu guna mati. Nah, kalau beralih tangan, lagipula tangan orang lain, bakteri dan kuman pun bakal semakin menyebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *